Kamis, 15 November 2012

MAKALAH SUMBER DAYA ALAM


KATA PENGANTAR

Puji syukur  kehadirat Allah swt karena berkat rahmat-Nya  penyusunan makalah ini dapat diselesaikan. Makalah ini merupakan makalah GEOGRAFI yang membahas mengenai Hukum Islam tentang Muamalah. Secara khusus pembahasan dalam makalah ini diatur sedemikian rupa sehingga materi yang disampaikan sesuai dengan kurikulum yang digunakan disekolah yaitu KTSP atau kurikulum tingkat satuan pendidikan. Sebelumnya, penulis mengucapkan terima kasih kepada : Teman-teman yang membantu penulis dalam mengumpulkan referensi yang berkaitan dengan materi sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah. Penulis juga mengucapkan terima kasih kepada  kepada bagian editorial, setting dan desain yang telah mempercantik makalah sehingga dapat diterbitkan saat ini.
Tak lupa penulis juga meminta maaf apabila terdapat kesalahan baik itu dalam pembahasan materi ataupun isi dari makalah ini. Oleh karena itu kritik dan saran dari para pembaca sangat diperlukan guna meningkatkan kualitas makalah penulis selanjutnya. Kebenaran dan kesempurnaan hanya Allah-lah yang Punya dan Mahakuasa.


GUNUNG TERANG, 13 NOVEMBER 2012

Penulis





DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR…………………………………………………………………………..1
DAFTAR ISI………………………………………………………………………………....…….2
BAB I PENDAHULUAN
 A.Latar belakang……………………………………………………………………....3
  B.Rumusan masalah…………………………………………………………………...3
  C.Tujuan penulisan………………………………………………………………….....3
  D.Manfaat penulisan…………………………………………………………………..3
BAB II PEMBAHASAN
 A.Pengertian SUMBER DAYA ALAM …………………………………………….…….4
 B.MACAM – MACAM SUMBER DAYA ALA,M……………………………………....4
 C.   SUMBER DAYA ALAM DAPAT DIPERBARUI ………………..………………….6
D.SUMBER DAYA ALAM TIDAK DAPAT DIPERBARUI............................................7
E. Pelestarian Sumber Daya Alam...................................................................8
F.UPAYA SEORANG SISWA MENGATASI MASALAH TERSEBUT......9

 BAB III KESIMPULAN
 A.KESIMPULAN……………………………………………………...………………10
 B.SARAN…………………………………………………………..………………….10
DAFTAR PUSTAKA








BAB I
PENDAHULAUN

A. Latar Belakang

            Di dunia ini ada banyak kegiatan- kegiatan manusia yang dapat merusak sumberdaya alam hayati perairan, seperti saat ini ancaman keanekaragaman hayati disebabkan masalah pencemaran, perubahan habitat dan eksploitasi yang berlebihan terhadap sumberdaya hayati perairan sehingga diperikanan dapat merubah struktur ekologi komunitas biota bahkan dapat menurunkan keaneragaman hayati.Untuk melindungi binatang dan tanaman yang dirasa perlu dilindungi dari kerusakan maupun kepunahan, dapat dilakukan beberapa macam upaya manusia dengan Undang-Undang seperti suaka margasatwa, cagar alam, perlindungan hutan, taman nasional, taman laut dan kebun bnatang. Serta Konservasi sumber daya alam hayati dan ekosistemnya bertujuan mengusahakan terwujudnya kelestarian sumber daya alam hayati serta keseimbangan ekosistemnya sehingga dapat lebih mendukung upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat dan mutu kehidupan manusia. Hal ini merupakan tanggung jawab dan kewajiban Pemerintah serta masyarakat.
B. Rumusan masalah
 1.  Apakah yang dimaksud dengan sumber aya alam ?
 2.  Apa sajakah macam – macam sumber aya alam?
3.    Bagaimana cara pelestarian sumber daya alam ?
 4.   Bagaimana cara siswa untuk mengatasi masalah tersebut ?

C. TUJUAN PENULISAN
Tujuan penulisan makalah ini yaitu untuk mengetahui bahwa pentingnya sumberdaya alam hayati untuk dilindungi serta merencanakan upaya pengelolahan sumberdaya alam agar terhindar dari kerusakan seperti cagar alam lautan dan taman nasional
D.MANFAAT PENULISAN
 manfaat yang diperoleh dapat menambah ilmu pengetahuan mengenai konservasi sumberdaya alam hayati





BAB II
PEMBAHASAN

A.PENGERTIAN SUMBER DAYA ALAM
Sumber daya alam adalah sesuatu yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan dan kebutuhan hidup manusia agar hidup lebih sejahtera yang ada di sekitar alam lingkungan hidup kita. Sumber daya alam bisa terdapat di mana saja seperti di dalam tanah, air, permukaan tanah, udara, dan lain sebagainya. Contoh dasar sumber daya alam seperti barang tambang, sinar matahari, tumbuhan, hewan dan banyak lagi lainnya.

B.MACAM – MACAM SUMBER DAYA ALAM
A.  Sumber daya alam berdasarkan sifatnya

  1. Sumber daya alam yang dapat diperbarui

     Sumber daya alam yang dapat diperbarui merupakan sumber daya alam yang
        apabila telah digunakan masih dapat diusahakan kembali untuk menghasilkan
        sumber daya yang baru.

   -  Ciri- Ciri Sumber Daya Alam Yang Dapat Diperbarui:

      a. Tidak dapat habis

      b. Dapat diperbanyak jumlahnya

      c. Dapat diperbarui melalui reproduksi dan siklus

      Contoh:

      Pembaruan sumber daya alam melalui reproduksi

      Misalnya: hewan, tumbuhan       
      Pembaruan sumber daya alam melalui siklus

      Misalnya: udara, air
   
   2. Sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui

      Sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui nerupakan sumber daya alam yang
        yang terdapat dalam jumlah relatif statis karena tidak ada pembaruan atau
        pembetukannya sangat lama.

      Contoh: bahan mineral, batubara, minyak bumi, dll              
   3. Sumber daya alam yang tidak terbatas jumlahnya

       Merupakan sumber daya alam yang selalu ada di alam dan jumlahnya tidak terbatas
          meskipun selalu digunakan oleh manusia.

       Contoh: sinar matahari, oksigen di udara
          
B.  Sumber daya alam berdasarkan jenisnya

   1.Sumber daya alam biotik

Sumber daya alam hayati (biotik); merupakan sumber daya alam yang berupa makhluk hidup. Misalnya: hewan, tumbuhan, mikroba, dan manusia.         
   2.Sumber daya alam abiotik

  Sumber daya alam nonhayati (abiotik); disebut juga sumber daya alam fisik, yaitu sumber daya alam yang berupa benda-benda mati. Misalnya : bahan tambang, tanah, air, dan kincir angin.

C.  Sumber daya alam berdasarkan kegunaannya

   1. Sumber daya alam penghasil energi

       Merupakan sumber daya alam yang dapat dimanfaatkan oleh manusia untuk
          memenuhi kebutuhannya yaitu dalam hal energinya. Misalnya air terjun di Jepang
          dimanfaatkan manusia untuk PLTA.
      
  
2. Sumber daya alam penghasil bahan baku

          Merupakan sumber daya alam yang dimanfaatkan oleh manusia sebagai bahan
          baku industri. Misalnya adalah pohon jati yang kayunya digunakan sebagai bahan
          baku dalam industri meubel.


C.SUMBER DAYA ALAM YANG DAPAT DIPERBARUI
Sumber daya alam yang dapat diperbarui yaitu sumber daya alam yang dapat dihasilkan kembali (dilestarikan) setelah kita menggunakannya. 
a. Air
Air merupakan kebutuhan mutlak setiap orang. Artinya jika tidak ada air manusia akan mati. Air dapat berupa air sumur, air sungai, air danau dan air laut. Air dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan sehari-hari kita. Seperti minum, mandi dan mencuci. Untuk kebutuhan ini diperlukan air yang bersih. Di kota-kota besar sulit untuk mendapatan air bersih. Di sana air sudah banyak yang tercemar. Bahkan untuk mendapatkan air bersih kita harus beli. Air dalam jumlah yang banyak dapat dimanfaatkan untuk mengairi sawah, memelihara ikan, pembangkit listrik, sebagai sarana transportasi dan olah raga.
 b. Tanah
Tanah merupakan lapisan bumi yang paling atas. Tanah yang subur dapat dimanfaatkan untuk menanam berbagai jenis tumbuhan. Tanah liat dapat dimanfaatkan untuk membuat berbagai perabot rumah tangga, genteng, batu bata dan berbagai macam kerajinan.
c. Udara
Udara merupakan benda gas yang terdiri dari berbagai zat seperti oksigen dan karbondioksida. Udara yang sehat mengandung banyak oksigen. Udara yang sehat dibutuhkan manusia untuk bernafas. Di kotakota besar udaranya sudah banyak yang tercemar. Udara juga dapat dimanfaatkan untuk kegiatan olah raga seperti terjun payung dan gantole.
d. Tumbuhan
Tanaman pertanian,  Tanaman pertanian merupakan tanaman hasil pertanian yang meliputi hasil sawah, tegal dan ladang. Contoh tanaman pertanian adalah padi, sayursayuran, buah-buahan, gandum dan ubi.
  • Tanaman perkebunan,  Tanaman perkebunan terdiri dari tanaman perkebunan di dataran tinggi dan di dataran rendah. Contoh tanaman perkebunan di dataran tinggi adalah cengkih, teh dan tembakau. Sedangkan contoh tanaman perkebunan di dataran rendah adalah kelapa, karet, tebu, dan kelapa sawit. Masing-masing tanaman perkebunan tersebut dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan manusia. Misalnya karet digunakan untuk membuat ban, tebu untuk membuat gula dan kelapa sawit untuk membuat minyak goreng.  
  •  
  • Tanaman hutan Tanaman hutan merupakan tanaman yang tumbuh di hutan. Tanaman hutan biasanya tidak dipelihara manusia. Tanaman hutan banyak dimbil kayunya sebagai bahan bangunan dan perabot rumah tangga. Sebagai contoh adalah kayu jati, kayu kruing, kayu meranti, dan rotan.
  • Tanaman air Tanaman air yang banyak dimanfaatkan antara lain rumput laut dan alga. Rumput laut dimanfaatkan untuk membuat agar-agar. Sedangkan alga ada yang langsung dikonsumsi. Ada pula jenis alga tertentu yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku obat-obatan, kosmetik dan industri makanan.
e. Hewan
  • Hewan liar Hewan liar merupakan hewan yang hidup bebas di alam baik di perkampungan, hutan, sungai, ataupun di laut. Hewan liar tidak dipelihara manusia.Hewan-hewan liar seperti kijang, gajah, harimau, dan buaya banyak diburu manusia. Hewan-hewan tersebut dimanfaatkanuntuk dimakan dagingnya, diambil kulitnya untuk dibuat pakaian atau diambil gadingnya untuk hiasan. Karena sering diburu sekarang hewanhewan tersebut menjadi langka. Padahal keberadaan hewan-hewan liar sangat penting untuk menjaga keseimbangan alam.
  • Hewan piaraan, Hewan piaraan merupakan hewan yang biasa dipelihara manusia untuk kesenangan atau hoby. Sebagai contoh adalah kucing, burung, hamster, dan anjing. Anjing dipelihara selain untuk kesenangan juga untuk menjaga keamanan rumah ataupun mencari jejak.
  • Hewan ternak, Hewan ternak merupakan hewan yang sengaja dikembangbiakkan untuk kebutuhan konsumsi maupun industri. Contoh hewan ternak antara lain sapi, kerbau, kuda, kambing, ayam dan itik. Hewan ternak dapat dimanfaatkan daging, telur, kulit, bulu dan susunya.

D.SUMBER DAYA ALAM YANG TIDAK DAPAT DIPERBARUI
Sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui yaitu sumber daya alam yang tidak dapat kita hasilkan kembali setelah kita menggunakannya. Sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui ada yang dapat dihasilkan kembali namun membutuhkan waktu yang sangat lama. 
a. Sumber daya alam mineral logam
Sumber daya alam yang termasuk mineral logam antara lain emas, perak, platina, besi, timah, nikel, tembaga, aluminium, dan mangaan. Untuk mengambil sumber daya alam ini dilakukan dengan cara menambang. Oleh karena itu sumber daya alam ini juga disebut barang tambang.  Berbagai barang tambang tersebut dimanfaatkan antara lain untuk perhiasan, membuat kabel dan berbagai perabot rumah tangga.
 b. Sumber daya alam mineral bukan logam (batu-batuan)
Selain kaya akan barang tambang, Indonesia juga kaya akan batubatuan penunjang industri. Misalnya, pasir kuarsa, batu kapur, marmer, kaolin, intan, mika, asbes, batu granit, bentonit atau abu bumi, belerang, tras dan fosfat. Batu-batuan ini dapat dimanfaatkan untuk bahan bangunan, perabot rumah tangga, kain, korek api, batu baterai dan pupuk.
Bahan pembuat gelas kaca ialah pasir kuarsa. Pasir kuarsa adalah bahan galian yang terdiri atas kristal-kristal silika. Pasir kuarsa juga dikenal dengan nama pasir putih. Dalam kegiatan industri, pasir kuarsa digunakan sebagai bahan baku utama maupun bahan ikutan. Sebagai bahan baku utama, digunakan dalam industri gelas kaca, semen, tegel, mosaik keramik dan ampelas. Sedangkan sebagai bahan ikutan, digunakan dalam industri cor, industri perminyakan dan pertambangan, bata tahan api, dan lain sebagainya.
Baju pemadam kebakaran yang tahan api ternyata dibuat dari bahan mineral yang namanya asbes. Serat asbes memang ada yang dapat dipintal dan ada yang tidak. Serat asbes yang dipintal digunakan untuk tirai, sarung tangan, pelapis dinding, pakaian pemadam kebakaran, pelapis rem, ban mobil, bahan tekstil asbes, alat pemadam api, benang asbes, pita, tali, alat listrik, alat kimia, dan pelilit kawat listrik. Serat asbes yang tidak dapat dipintal digunakan untuk pelapis tanur dan ketel serta pipanya, dinding, lantai, atap, alat-alat kimia dan listrik serta macam-macam isolasi.
 
c. Sumber daya energi
Sumber daya energi merupakan sumber daya alam yang dapat dimanfaatkan sebagai penghasil tenaga atau bahan bakar. Sumber daya energi di Indonesia meliputi minyak bumi, gas alam, batu bara, panas bumi dan tenaga surya. Indonesia merupakan negara pengekspor sumber daya energi terutama minyak bumi dan gas alam. Untuk mendapatkan minyak bumi, gas alam dan batu bara dilakukan pengeboran dan pertambangan. Minyak bumi yang sudah diolah akan menghasilkan bensin (premium), solar, minyak tanah (kerosin), avtur (bahan bakar pesawat terbang), pelumas mesin atau oli, plastik, lilin dan aspal. Sedangkan gas alam setelah diolah akan menghasilkan LNG (Liquefied Natural Gas/gas alam cair) dan LPG (Liquefied Petroleum Gas/gas alam yang dimampatkan). LNG sering digunakan sebagai bahan pembuat pupuk. Sedangkan LPG atau elpiji sering digunakan sebagai bahan bakar kompor. Untuk batu bara dapat dimanfaatkan pula sebagai bahan bakar baik rumah tangga maupun untuk industri/pabrik.


E.Pelestarian Sumber Daya Alam
Upaya Pelestarian
Pemanfaatan lahan potensial perlu diimbangi dengan pembangunan lingkungan hidupnya berupa pemeliharaan dan perlindungan terhadap tanah, tumbuh-tumbuhan, hewan, air, dan lain-lain agar memiliki daya guna. Pemeliharaan dan perlindungan itu, antara lain sebagai berikut.
a) Penanaman kembali lahan-lahan yang gundul. Upaya ini bertujuan untuk memelihara kesuburan tanah dari ancaman adanya erosi dan longsor.
b) Peremajaan hutan.
c) Pembuatan terasering. Bertujuan untuk mencegah terjadinya erosi.
d) Pembatasan lahan untuk pertanian, yaitu hanya pada lerenglereng yang memiliki kecuraman dari 45°. Lereng yang berkecuraman lebih dari 45° apalagi bila vegetasinya kurang, maka potensi untuk timbulnya erosi lebih besar.
e) Pembuatan saluran pembuangan air menurut konturnya.
f) Penanaman pohon-pohon pelindung.
g) Teknis penanaman dengan sistem kontur.
h) Penanaman lahan dengan sistem tumpang sari.
Berbagai usaha untuk meningkatkan produksi lahan potensial, terutama sebagai lahan pertanian, meliputi usaha jangka pendek dan usaha jangka panjang.
yang bisa kita lakukan melestarikan sumber daya alam adalah..
*mencari sumber energi alternatif
*menanamkan budaya hemat energi
*menggunakan barang barang yg ramah lingkungan
*menggunakan cara tradisional dalam berbagai hal


F. CARA SEORANG SISWAUNTUK MENGATASI MASALAH TERSEBUT
Caranya: seorang siswa harus menyadari bahwa sumber daya alam kita jumlahnya terbatas, sehingga upaya seorang siswa yaitu memanfaatkan sumber daya alam sebaik-baiknya dan seperlunya jika tidak. Sumber daya alam kita ini akan habis dan anak cucu kita tidak bisa melihat nya lagi

























BAB III
PENUTUP
A.    Kesimpulan
Kesimpulan yang dapat diperoleh yaitu : Konservasi Sumber daya Alam Hayati dilakukan untuk menjaga agar tidak terjadi kepunahan dan kerusakan, mengupayakan agar berbagai variasi gen dan jenis dapat dimanfaatkan serta mengupayakan agar penggunaan SDA hayati berdasarkan prinsip prinsip konservasi. Perlindungan yang dilakukan yaitu dengan menetapkan undang-undang seperti penetapan kawasan cagar alam, taman nasional dan lain-lain sebagainya yang dapat melindungi kawasan yang telah dianggap penting untuk dilestarikan sesuai dengan criteria penetapan kawasan konservasi.

B.     SARAN
SARANNYA YAITU: Alangkah baiknya kita sebagai manusia memanfaatkan sumber daya alam dengan sebaik-baiknya/seperlunya.










1 komentar: